Peringkat Kekuatan Militer Indonesia

Peringkat Kekuatan Militer Indonesia - Nach, kali ini gak ada salahnya kalau sedikit melenceng isi blognya yang membahas tentang kekuatan militer Indonesia. Mestinya sich artikel ini aku terbitkan pada tahun lalu saat peringatan hari ABRI, namun karena data dari Global Fire power (GFP) terlambat keluar makanya baru pada kesempatan ini aku publish. Lama juga tertunda yach. :)

Global Fire Power (GFP) ini adalah salah satu lembaga kredibel yang menyediakan gambaran ranking kekuatan militer negara-negara yang ada di dunia.

Menurut  analisis GFP mengatakan kalau militer Indonesia sudah bisa melakukan konter teroris di dalam negeri dan juga dapat melakukan invasi ke negara lain. Kekuatan Militer Indonesia memiliki kemajuan yang sangat pesat dibandingkan dengan kekuatan militer dari negara lain di dunia.

Dan berdasarkan data GFP akhir tahun 2013 lalu disebutkan bahwa peringkat kekuatan militer Indonesia ada pada urutan ke 15 dari seluruh negera yang diranking. Dimana posisi kekuatan militer indonesia lebih unggul 32 level di atas Singapura yang berada pada posisi 47. Dan bahkan Indonesia lebih unggul daripada Australia yang berada pada level 23. Lihat tabelnya seperti berikut ini.

Peringkat Kekuatan Militer Indonesia


Global Fire power (GFP) memyebutkan kalau kekuatan militer Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Indonesia dengan power index sebesar 0,76. Kekuatan personel aktif militer Indonesia mencapai 438.410 orang, kekuatan kendaraan lapis baja 400, kekuatan pesawat militer 444, dan kekuatan helikopter 187.

Begitu juga dengan indeks kekuatan perang Angkatan Laut (AL)Indonesia sebesar 150, dengan jumlah kapal militer 139 unit dari berbagai jenis. Kapal-kapal yang berstatus KAL, KKP dan Polisi Air, tidak diperhitungkan oleh GFP, padahal kalau kita pikir-pikir kapal-kapal seperti ini juga ikut andil dalam patroli keamanan laut atau patroli pantai (Patrol Coastal Craft).

Berikut tabel senjata kekuatan militer Indonesia.
Kekuatan Senjata Militer Indonesia

Itulah dia peringkat kekuatan militer Indonesia dan kekuatan senjata militer Indonesia pada tahun 2014 ini, dan mudah-mudahan kekuatan militer kita pada masa yang akan datang dapat naik ranking lagi. :)


Related Post: