Peluang Usaha Budidaya Lele

Usaha Budidaya Lele
Peluang Usaha Budidaya Lele - Sebelumnya aku kira kalau budidaya lele itu sulit dan merepotkan serta biayanya besar karena harga pelet ikan yang semakin mahal aja. Dulu ketika seorang teman mengajak aku tuk usaha budidaya lele, aku hanya tersenyum simpel aja tanpa mengiyakan ajakannya dan juga tidak menolak. Sejak dia menggeluti usaha budidaya lele ini sekitar dua tahun yang lalu, sudah tak terkira dah berapa kali dia mengajak aku dan menyemangati aku untuk ikut budidaya lele seperti yang dia punya.

Suatu hari tanpa sepengetahuanku ketika aku sedang kerja, dia malah membuatkan satu kolam ikan lele yang terbuat dari terpal dengan ukuran 2x3 meter. Dia isi airnya serta persiapan-persiapan kolam sebelum benih di tabur. Dia yang sudah terlanjur bikin kolam gak mungkin lagi aku buka atau menghancurkan hasil karya-nya tersebut. Sehingga mau tak mau aku harus menerima kolam itu tanpa lupa aku berterimakasih tentunya. :)

Aku yang gak ngerti tentang usaha budidaya lele ini tentu aku biarkan saja kolamnya tanpa pernah aku sentuh karena aku memang gak tau sama sekali. Setelah seminggu lamanya kolam tersebut dibiarkan, akhirnya dia membawa bibit lele sebanyak satu kantong plastik yang menurut dia berisi 2500 ekor bibit. Dia menebar benih tersebut kedalam kolam secara perlahan-lahan hingga akhirnya semua ikan tersebut keluar dari kantong. Setelah itu dia menyuruh aku tuk membeli pelet lele PF800. Dia menyuruh aku tuk menaburkan pelet tersebut 3 kali dalam sehari. Nah, itu dia cerita awal mulanya aku mulai usaha budidaya lele. :)

Secara rutin aku beri makan lele tersebut setiap harinya hingga tiba hari panen. Saat panen, pengepul datang kerumahku dan menimbang hasil penen lele yang bibitnya 2500 ekor tersebut dengan berat bersih 300kg dikali 14000 mper kilo untuk pasaran lele dikota aku. Wah untungnya lumayan besar juga. Padahal biaya yang aku keluarkan untuk makanan lele tersebut cuma Rp 1.500.000 saja. Aku masih beruntung sekian juta lagi hanya dalam waktu sekitar 3 bulan dengan bibit cuma 2500 ekor saja.

Sejak itu aku mulai tergiur dan aku menambah beberapa buah kolam lagi hingga bibitnya mencapai 50.000 ekor. Hingga saat ini aku dah beberapa kali panen hasil usaha budidaya lele aku tanpa pernah tekor walau dah beberapa kali bibit leleku terserang penyakit karena ketelodoranku sendiri. Dan enaknya pada usaha budidaya lele ini adalah waktu kita gak terganggu. Cukup beri makan, sesekali kuras air kolam, dan tunggu hasilnya.

Peluang usaha budidaya lele merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menggiurkan karena waktu kita gak terganggu sehingga kita bisa melaksanakan rutinitas kita yang lain seperti biasa. Walau usaha ini sebelumnya gak pernah terbayang dipikiranku, namun berkat sahabat setiaku akhirnya aku bisa menikmati hasil usaha budidaya lele ini. Terimakasih kawan semoga TUHAN memberkati keluarga Anda dan semua usaha yang dirintis. Amin!!!

Related Post: