Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Mengatasi tumit pecah-pecah
Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah - Pecah-pecah dan kasar pada tumit kaki memang sangat mengganggu. Selain rasa sakit dan perih yang kita rasakan juga sangat mengganggu penampilan yang dapat mambuat kita merasa kurang percaya diri saat kita memakai sandal atau alas kaki yang tidak menutupi bagian tumit kaki.

Tumit pecah-pecah itu biasanya terjadi karena terjadinya penebalan dibagian tumit kaki. Akibat penebalan tersebut mengakibatkan tumit pecah yang rasanya cukup perih apalagi kalau dibawa barjalan, perih itu makin menjadi sehingga kita merasa kurang nyaman jadinya.

Penyebab Tumit Pecah-pecah

Sebelum kita membahas cara mengatasi tumit pecah-pecah alangkah baiknya kalau sebelumnya kita mengetahui dulu penyebab tumit pacah-pecah. Penyebab tumit pecah-pecah biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini:
  • Akibat berat badan yang berlebihan sehingga tumit tidak mampu menahan beban tersebut.
  • Suhu atau cuaca yang tidak menentu yang kadang terlalu panas atau juga dingin.
  • Masalah kulit kronis seperti eksim dan psoriasis.
  • Terlalu sering mandi air panas atau berenang di kolam diklorinasi berat juga dapat memicu tumit pecah-pecah.
  • Akibat menderita penyakit tertentu seperti diabetes dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.
  • Akibat kelenjar keringat yang berlebihan.
  • Dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab tumit pecah-pecah seperti yang diuraikan diatas, sekarang baru kita membahas mengenai cara mengatasi tumit pecah-pecah sebebagaimana tujuan utama isi artikel ini.
  • Tumit pecah-pecah memang sangat adem kalau kita membasahi selalu bagian tumit. Dan itu gak mungkin bisa dilakukan dan salah satu cara untuk mengakali hal tersebut adalah dengan menjaga kelembaban pada bagian tumit dengan menggunakan pelembab khusus untuk kulit kering atau krim khusus tumit pecah-pecah.
  • Usahakan memakai sepatu yang empuk dan nyaman untuk melindungi kaki kita. Dan kalau kita menggunakan sandal sebaiknya kita menggunakan sandal yang agak panjang pada bagian belakangnya untuk menghindari tumit bersentuhan langsung pada tanah.
  • Hindari pemakaian kaus kaki yang terbuat dari bahan nilon dan rayon, karena bahan tersebut dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.
  • Sebelum tidur, usahakan untuk merendam kaki dalam campuran minyak mineral dan air hangat. Setelah itu silahkan dilakukan pemijatan untuk memperlancar aliran darah pada kaki.
  • Usahakan untuk selalu mengenakan sepatu yang tertutup untuk menjaga kaki tetap bersih dan lembab.

Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah Secara Alami

Selain dengan cara-cara diatas, kita juga dapat mengatasi tumit pecah-pecah secara alami seperti berikut ini:

Pisang

Ambil satu buah pisang matang lalu oleskan pada bagian tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur sampai kaki menjadi lembut dan sembuh sepenuhnya.

Lemon

Ambil beberapa buah lemon, peras dalam sebuah baskom yang berisi air secukupnya lalu rendam kaki dalam larutan lemon tersebut sekitar 15 menit. Setelah itu silahkan bilas dengan air bersih.

Pepaya

Pepaya salah satu cara ampuh dalam mengatasi tumit pecah-pecah. Caranya: ambil pepaya yang sudah masak, haluskan pakai tangan, lalu pijat pada bagian kaki yang kering dan pecah-pecah dengan bubur pepaya tadi sekitar 15 menit, baru dibilas dengan air bersih.

Alpukat

Alpukat yang kaya vitamin E sangat baik untuk perawatan kulit. Ambil daging buah alpukat yang sudah matang (juga bisa dicampur dengan pisang), haluskan dan dijadikan scrub. Kemudian gosokkan pada tumit yang kering sambil dipijat-pijat secara perlahan sekitar 20 menit lalu bersihkan sengan air bersih.

Garam dan Kelapa Parut

Caranya: parut kelapa hingga dengan tekstur kasar kemudian ambil satu sendok teh garam dan campur kedalamnya. Aduk hingga rata, lalu gosokkan campuran tadi pada tumit kering sambil dipijat-pijat sekitar 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air bersih. Cara mengatasi tumit pecah-pecah yang satu ini cukup dilakukan tiga kali dalam seminggu menjelang tidur dimalam hari.

Cara mengatasi tumit pecah-pecah secara alami sebanarnya masih banyak namun saya hanya membaginya babarapa bagian saja di sini, dan mungkin pada waktu lain saya akan membagikannya lagi. Dan semoga artikel diatas dapat membantu Anda semua dalam mengatasi tumit- pecah-pecah yang Anda alami selam ini.

Related Post: