Tips Memulai Bisnis Baru

Tips Memulai Bisnis Baru - Kalau Anda melihat Bill Gates, Sergey Brin dan Larry Page, atau Mark Zuckenberg, pasti kita akan tergiur dengan kekayaan yang mereka miliki. Mereka-mereka ini yang namanya selalu terpampang dideretan bagaian atas di daftar orang terkaya di dunia di bidang IT. Dibalik kekeyaan yang mereka miliki ini, semua mereka dapatkan dari usaha kecil yang mereka rintis. Namun, siapa sangka dan siapa duga kalau mereka bakal berhasil seperti yang kita lihat sekarang ini. Siapa yang tau kalau perusahaan pemula yang mereka rintis bisa berubah menjadi perusahaan sukses yang bernilai miliaran bahkan triliunan dollar.

Sekarang kita tidak perlu berharap bisa jadi seperti mereka, namun paling tidak roda bisnis yang kita bangun bisa berjalan dan berputar terus tanpa tersendat dan macet ditengah jalan. Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya akan berbagi mengenai tips memulai bisnis baru yang dapat membimbing kita dan memotivasi kita dalam menjalankan roda bisnis baru kita.

Tips Memulai Bisnis Baru

Kiat agar sukses dalam meulai bisnis baru ada beberapa poin yang harus kita perhatikan seperti yang diuraikan dibawah ini:

Lebih realistis
Saat memulai bisnis baru, sebaiknya coba lihat dan perhatikan ke sekeliling kita, terus cari dan gali informasi mengenai bisnis yang hendak digeluti. Pelajari dengan sebaik-baiknya apa kiat dan tips yang diterapkan orang lain dalam memajukan bisnis mereka.

Cari partner
Yang namanya bisnis pasti tidak pernah jauh dari yang namanya resiko bangkrut atau tekor. Untuk meminimalisir hal itu alangkah baiknya kalau kita mencari partner dalam menyuplai segala keperluan. Sehingga kalau bisnis tersebut tidak jalan atau macet di tengah jalan, kita bisa mereturn semua barang tersebut, dan resiko akan rugi besar dapat terhindarkan.

Bekerja keras
Bekerja keras, lembur, serta melupakan diri untuk sementara waktu harus dilakukan. Karena pada umumnya bisnis baru pasti belum bisa menghasilkan sehingga kita belum mampu untuk membayar gaji karyawan. Jadi, karyawan kita adalah diri kita sendiri.

Hargai waktu
Waktu adalah uang. Jangan kita membuang-buang waktu dengan bermalas-malasan. Kerjakan apa yang harus dikerjakan dan jangan tunda sampai nanti, apalgi sampai besok atau lusa.

Rekrut karyawan dengan baik
Seiring dengan perjalanan waktu, bisnis kita pasti memerlukan karyawan juga. Dalam merekrut karyawan kita harus melakukannya dengan hati-hati dan tanpa tergesa-gesa. Jangan nanti tujuan bisni yang telah kita canangkan, justru hancur berantakan karena karyawan yang kita rekrut tidak menunjang dan mendukung tujuan bisnis yang kita canangkan tersebut.

Jual kelebihan dari pada harga
Menjual dan memasarkan bisnis baru memang sangat susah dalam memasarkannya. Jika kita mengandalkan persaingan pada harga, itu artinya kita harus menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Tips memulai bisnis baru disini kita dituntut untuk piawai dalam berkomunikasi. Berkomunikasi dengan pelanggan dan menjelaskan bahwa harga produk kita memang lebih tinggi dari yang lain karena produk memiliki kualitas yang lebih baik.

Perlakukan vendor dengan baik
Menjaga hubungan dan memperlakukan vendor dan suplier dengan sebaik mungkin layaknya kita memperlakukan para pelanggan kita. Dengan memperlakukan vendor dan suplier dengan baik, mereka mungkin bisa memberikan diskon kepada kita dengan alih-alih menjaga hubungan baik. Selain itu dengan jalinan hubungan yang baik mereka dapat memahami keterlambatan pembayaran kita.

Beri pelayanan yang terbaik
Dalam melayani pelanggan kita tidak boleh setengah-setengah. Perlakukan pelanggan itu layaknya raja. Apapun yang kita buat atau kita jual, haruslah yang terbaik. Dengan memberi layanan terbaik, niscaya orang itu bakal kembali lagi belanja kepada kita dan bahkan dia membawa teman. Dengan begitu, bisnis kita bakal dipromosikan dari mulut ke mulut.

Harapan kami semoga tips memulai bisnis baru yang kami ulas di atas bisa menjadi penyemangat Anda dalam memulai usaha atau bisnis baru Anda. Sehingga angka pengangguran diIndonesia bisa ditekan lagi. Ayo semangat!!!

Related Post: