Strategi Bisnis Agar Usaha Kecil Bisa Sukses

Strategi bisnis
Strategi Bisnis Agar Usaha Kecil Bisa Sukses - Memiliki usaha sendiri memang impian semua orang. Apalagi belakangan ini enterpreneurship di Indonesia sudah lumayan cukup berkembang. Pengusaha barupun mulai bermunculan. Melihat perkembangan yang begitu pesat seperti itu berbagai pelatihan pun mulai menjamur. Mereka menawarkan berbagai kiat-kiat dan tips-tips agar usaha kecil bisa sukses. Tapi kita mesti ingat bahwa kita jangan pernah berharap kalau usaha kita bisa sukses karena training dan pelatihan tersebut. Itu salah besar. Training dan pelatihan tersebut tidak pernah menjamin kesuksesan usaha kita kecuali diri kita sendiri. Training dan pelatihan itu hanya merupakan awal, gambaran dan prinsip-prinsip dari bisnis tersebut.

Agar Usaha Kecil bisa Sukses

Usaha kecil memang agak susah maju serta susah barsaing, namun walaupun begitu ada beberapa tips dan strategi bisnis agar usaha kecil bisa sukses seperti yang diuraikan berikut ini:

Mulailah dari Kesenangan Pribadi

Usaha itu mestinya dimulai dari kesenangan dan kemampuan pribadi. Kesenangan itu dapat memacu kita untuk terus berkarya sehingga kita tak pernah bosan akan usaha tersebut. Dengan kesenangan itulah membuat kita mampu untuk melakukan walau serumit apapun itu.

Pelajari Bidang Usaha Tersebut

Sebelum memulai sesuatu usaha mastinya kita harus mempelajari dan menguasai usaha tersebut agar kita jangan sampai salah dalam menjalankannya. Kadang suatu usaha itu gulung tikar karena tidak menguasai bidang usaha yang digeluti tersebut.

Susun Rencana

Rencana suatu usaha harus jelas. Dengan begitu kita bisa berpikir dan menjadi panduan bagi kita bagaimana cara dan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengarahkan usaha tersebut agar bisa sesuai dengan yang direncanakan.

Mengukur Peluang Pasar

Semua usaha baru dimulai karena ada kebutuhan. Karena kebutuhan tersebut makanya ada pasar. Untuk itu kita harus melihat dan mengukur bagaimana peluang pasar akan usaha tersebut.

Perbaiki Semua Kekurangan

Semua produk itu memang gak pernah ada yang sempurna. Namun walaupun begitu, semua kekurangan dari produk kita mestinya selalu diperbaharui satu persatu.

Ciptakan Keunikan

Semua keunikan pada umumnya selalu menarik perhatian orang. Oleh sebab itu, di awal usaha mestinya setiap produk harus mampu mencuri perhatian konsumen. Kita menciptakan keunikan untuk mencuri perhatian. Keunikan itu bisa diaplikasikan dalam bentuk merek, kemasan, cara penyajian, servis purna layanan, dan sebagainya.

Jangan Menunda-nunda

Kesempatan itu tak pernah datang dua kali. Untuk itu selagi ada kesempatan, maka pergunakan kesempatan itu sebaik mungkin dan jangan pernah pernah menunda-nunda.

Jangan Terburu-buru

Jangan menunda-nunda seperti yang disebutkan diatas tadi, bukan berarti kita boleh terburu-buru. Apapun yang dilakukan itu mestinya harus dilakukan dengan cermat, direncanakan dengan baik, dan dimulai pada saat yang tepat.

Siapkan Diri

Dunia usaha memang ibarat sebuah kompetisi. Kompetisi itu ada yang menang dan ada juga yang kalah. Untuk itulah siapkan mental enterpreneur yang kuat dan tahan banting, serta tidak pernah menyerah. Ubahlah lawan menjadi kawan, dan persaingan menjadi mitra, sehingga terjalin iklim persaingan yang sehat.

Bersaing Dalam Kualitas, Dan Bukan Harga

Banyak usaha gulung tikar karena bersaingan dengan cara menurunkan harga. Menurut mereka, jika harga produknya berada dibawah harga pesaing, maka produknya bisa laris manis. Sampai kapan bisa bertahan dengan harga yang seperti itu? nanti ujung-ujungnya gulung tikar karena hasil yang didapatkan tidak menutupi modal. Untuk itu, bersainglah dengan meningkatkan kualitas produk, dan bukan menurunkan harga. Menurunkan harga itu artinya kita harus menurunkan kualitas produk. Kualitas yang buruk tentu saja membuat konsumen menjauh. Strategi bisnis yang seperti itu merupakan strategi bisnis yang salah karena pada umumnya kualitas produk yang baik dan terjamin, konsumen ikhlas membayar walau harganya sedikit agak mahal.

Kemaslah Produk Dengan Baik

Produk yang dikemas baik akan menaikkan citra produk itu sendiri. Karena dengan kemasan yang baik dan rapi, kualitas produk dapat terjamin.

Mudah-mudahan tutorial mengenai strategi bisnis agar usaha kecil bisa sukses seperti yang diuraikan di atas dapat menambah ilmu Anda dalam menjalankan dan memajukan usaha Anda.

Related Post: