Cara Menghilangkan Sifat Pelupa

Menghilangkan sifat pelupa
Cara Menghilangkan Sifat Pelupa - Sampai saat ini belum pernah saya dengar ada yang namanya obat pelupa, padahal sifat pelupa ini memang tidak disukai dan sangat dibenci oleh siapa saja. Sifat pelupa memang kadang kala dapat membuat sebuah rencana menjadi kacau dan berantakan. Walau obat untuk menghilangkan sifat pelupa belum ada sampai saat ini, namun ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan sifat pelupa, seperti diuraikan berikut ini:

Cara Menghilangkan Sifat Pelupa

Kembalikan Pada Tempatnya
Kesibukan dan keterbatasan waktu kadang membuat kita meletakkan atau menaruk barang pada sembarangan tempat. Sehingga pada waktu kita menggunakan barang tersebut kita jadi sibuk mencari karena gak ada pada tempat yang biasa kita letakkan. Untuk itu mulai sekarang mari kita membiasakan diri untuk berdisiplin mengembalikan barang pada tempat semula setelah selesai dipergunkan.

Jangan Campur Aduk
Usahakan untuk tidak mencampur aduk semua barang menjadi satu. Tempatkan barang tersebut sesuai jenisnya agar kita tidak kelimpungan mencari saat menggunakannya.

Jangan Menunda
Menunda-nunda melakukan sesuatu itu artinya kita menabung permasalahan. Untuk itulah selagi kita masih ingat dan mempunyai waktu untuk melakukannya, maka kerjakan sesegera mungkin. Dengan begitu satu pekerjaan telah selesai.

Punya Rencana
Seorang pelupa mestinya wajib memiliki daftar semua rencana termasuk hal-hal kecil sekalipun. Sekecil apapun itu mestinya wajib bikin check-list karena dengan begitu dapat melatih ingatan serta hidup lebih terorganisasi.

Mengulang
Mengulang-ulang apa yang hendak diingat atau dihafal dapat membantu kita terbebas dari sifat pelupa, dan ini termasuk salah satu cara menghilangkan sifat pelupa yang sangat praktis. Begitu juga bagi kita para remaja yang masih menuntut pendidikan, mengulang inilah yang paling mujarab dalam menghafal mata pelajaran agar kita tidak lupa pada apa yang telah kita hafal.

Jangan Panik
Lupa dimana menaruh barang kadang membuat kita panik dan kesal. Perlu kita ketahui bahwa sikap panik seperti itu justru semakin memperburuk keadaan. Lupa tempat meletakkan sesuatu itu mestinya jangan dibawa panik. Sebaiknya disaat kita mulai panik usahakan menenangkan diri terlebih dahulu dengan cara menarik nafas dalam-dalam sejenak agar kita santai. Karena di saat santai, justru kita akan lebih mudah mengingat.

Mudah-mudahan cara menghilangkan sifat pelupa seperti yang diuraikan di atas dapat membantu kita dalam mengatasi sifat pelupa yang kita alami selama ini.


Related Post: