Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Cara Mengatasi Telinga Berdengung - Suara berdengung atau denging yang kadang atau sering terdengar di telinga kita memang sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Suara itulah yang disebut Tinnitus. Tinnitus adalah suara yang terdengar di telinga seseorang yang tidak jelas darimana sumbernya dan yang hanya terdengar di telinga penderita saja.

Suara berdengung yang terdengar di telinga penderita tinnitus ini bisa bermacam-macam, bisa berupa dengungan, denging, deru, raungan, mengerik, siulan atau bahkan suara berdesis dengan tingkat gangguan yang berbeda-beda. Mulai dari yang tidak begitu terlalu mengganggu sampai yang bisa bikin stres karena suaranya seakan-akan memecahkan gendang telinga. Tinnitus ini biasanya terjadi pada kedua telinga dan bukan salah satu saja untuk itu silahkan lanjutkan membaca artikel Cara Mengatasi Telinga Berdengung ini. :)

Penyebab terjadinya telinga berdengung atau Tinnitus ada sangat bermacam-macam. Bisa karena liang telinga yang tersumbat karena suara keras, atau akibat reaksi terhadap obat tertentu (seperti aspirin, kuinidin, kuinin) dan juga bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Tinnitus juga bisa menjadi suatu pertanda bahwa adanya suatu keadaan  medis yang sangat serius seperti darah tinggi, rendahnya kadar hormon tiroid, jantung, alergi dan anemia.

Dan sampai sekarang para ahli medis juga masih belum bisa memastikan mekanisme apa penyebab timbulnya suara tersebut ditelinga seseorang. Oleh karena itu apabila kita atau famili menderita tinnitus ini, sebelum bertindak sesuatu, alangkah baiknya kita periksakan ke dokter dulu dan berkonsultasi apa penyebab telinga kita itu berdengung atau berdenging. Dan dengan begitu dokter bisa memeriksa telinga kita apa penyebab telinga kita tersebut berdengung, apakah ada infeksi, atau telinga tersumbat atau ada gangguan pendengaran lainnya.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Salah satu Cara mengatasi telinga berdengung atau berdenging ini yaitu dengan menghindari mengonsumsi nikotin, kafein dan alkohol untuk beberapa minggu. Karena jika kita terus mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nikotin, kafein dan alkohol seperti yang di sebut di atas, justru akan dapat memperburuk keadaan.

Dan mudah-mudahan artikel tentang Cara Mengatasi Telinga Berdengung diatas, dapat membantu Anda untuk mengurang dengung pada telinga Anda.

Related Post: